Jumat, 20 Juli 2012

Wajah Bopeng PNS Kita


Bertahun-tahun sudah PNS mendapat sorotan negatif dari public. Berita terakhir yang dilansir www.voaindonesia.com (10/5) memperkuat kesan tersebut. Paling tidak tampak dari pernyataan aktivis ICW  Adek Irawan. tentang Buruknya kinerja  Pegawai Negeri Sipil yang dikaitkan kualitas kinerja birokrasi. Begitu juga dengan pendapat dari Ketua DPR Marzuki Alie yang  menyatakan   ingin memangkas jumlah PNS di lingkungan gedung MPR DPR karena tidak efektif.
Di balik fenomena  tersebut, sesungguhnya ada apa dengan dengan keberadaan PNS kita?

http://4.bp.blogspot.com/-p86PsxCZPRQ/T6uJ5QxRIoI/AAAAAAAAACQ/pyUpIH2wRB8/s320/oc.jpgBukan Jaminan
Benar sekali pemikiran Marzuki Alie, secara faktual kuantitas PNS bukan jaminan bagi berjalan mulusnya pelayanan publik dan lancarnya administrasi pembangunan daerah. Jumlah yang sangat besar, jika tidak dibarengi dengan kualitas yang memadai, justru menjadi beban bagi anggaran keuangan. Bahkan akan menjadi sumber inefisiensi yang luar biasa bagi kinerja pemerintah daerah.
Begitu juga akan mengalami konsekuensi serupa,  bila jumlah PNS relatif  sedikit dan kurang proporsional dengan jumlah penduduk yang mesti dilayani. Apalagi jika kualitasnya pun kurang memadai, tentu menjadi problem yang jauh lebih krusial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar